Keluarga Alumni (Kalami) Al-Mizan

Keluarga Alumni (Kalami) Al-Mizan

Sejarah Kalami

Sejak berdiri tahun 1999, Al-Mizan Jatiwangi telah meluluskan ribuan alumni, mulai dari pondok pesantren sebagai lembaga yang pertama kali berdiri hingga tingkat TK, SD, MTs, SMAI dan SMK Al-Mizan. Untuk mewadahi seluruh alumni Al-Mizan, atas inisiator KH. Maman Imanulhaq dan para Alumni, maka pada Kamis Tanggal 07 September 2006 dibentuklah Keluarga Alumni Al-Mizan yang disingkat KALAMI. Melalui organisasi alumni itu diharapkan akan tercipta sebuah ikatan kekeluargaan dan kebersaman antar seluruh alumni Al-Mizan Jatiwangi.

Pada masa awal berdiri, Ketua KALAMI dipegang oleh Harun Arrasyid. Sedangkan Wakil dan Bendaharanya berturut-turut adalah Zeni Sandi Purwanto dan Nani Hayani. Periode kedua kepengurusan KALAMI dilanjutkan oleh Zeni Sandi Purwanto dengan Wakil M. Ibnu Saefullah dan Bendahara Evi Yulianti. Periode Ketiga, Ketua oleh M. Ibnu Saefullah, Wakil Ketua Wahyudin Al-bantani dan bendahara Fitri Yulia.

Sejak 2017 hingga sekarang, tongkat estafet kepengurusan KALAMI dipegang oleh Dodi Jaya sebagai Ketua, Wahyudin Al-Bantani sebagai Wakil Ketua dan Fitri Kinasih Husnul Khotimah sebagai bendahara.

Visi-Misi Kalami

Visi KALAMI Al-Mizan adalah “Mewujudkan kebersamaan antar alumni dan memberikan kontribusi yang nyata bagi kemajuan Almamater dan masyarakat”.

Sedangkan Misi KALAMI Al-Mizan adalah:

  1. Menjalin komunikasi antar alumni
  2. Mendukung dan mempersiapkan kader alumni yang bertanggung jawab dalam kontribusi terhadap masyarakat.
  3. Membantu mengembangkan Ilmu Pengetahuan di kalangan para anggota dan masyarakat.
  4. Berfungsi sebagai wadah aspirasi dan tempat berbagi informasi bagi para alumni.
  5. Menjadi fasilitator bagi alumni demi kemajuan almamater.

Kiprah Kalami

Sebagai organisasi alumni, KALAMI terus berupaya menghimpun, membangun dan memperkuat jaringan alumni Al-Mizan yang tersebar di berbagai wilayah dan berbagai profesi. Tidak cukup hanya memperkuat ikatan kekeluargaan dan kebersaman alumni, dalam perjalanannya KALAMI membawa misi pengabdian terhadap masyarakat dan kemanusiaan. Hal ini dipicu oleh keprihatinan KALAMI yang mendalam atas kemerosotannya akhlaq generasi bangsa dan hilangnya rasa persaudaraan sebangsa dan setanah air. Dari spirit itulah KALAMI Al-Mizan bertekad untuk menjadi lentera yang akan menerangi kegelapan di tengah-tengah masyarakat. Salah satu program sosial KALAMI adalah menghimpun donasi baik dari para alumni sendiri maupun donatur lain untuk membiayai pendidikan bagi anak-anak yang kurang mampu.

Hingga saat ini, tanpa lelah, KALAMI terus bermetaformosis, bergerak dan berkiprah. Di tengah tantangan zaman yang dinamis, KALAMI terus berupaya keras melakukan pembenahan dan perbaikan diri agar lebih bisa bermanfaat bagi almamater, alumni dan masyarakat luas.