TK Al-Mizan

Pendahuluan

Taman Kanak-kanak Al-Mizan atau TK Al-Mizan berdiri Tahun 2002. TK Al-Mizan adalah lembaga pendidikan formal usia dini yang berada di bawah naungan yayasan Al-Mizan yang menginduk ke Dinas Pendidikan.

Dalam rangka menghasilkan lulusan yang terbaik, maka TK Al-Mizan dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendidikan yang lengkap dan representatif. TK Al-Mizan memiliki program unggulan yang dikembangkan, yakni :  Kegiatan Outbond yang dilaksanakan setiap semester genap, Pengutamaan (Prioritas) Pendidikan Keagamaan serta Program Komputer mini dan internet

Visi-Misi

Visi TK Al-Mizan adalah : “Terbentuknya generasi qur’ani yang memiliki akhlaq, prilaku, daya fikir, dan kreatifitas yang baik sejak dini”. Sedangkan Misi TK Al-Mizan meliputi :

  1. Menjadi lembaga pra sekolah yang Islami, kondusif, dan berwawasan lingkungan.
  2. Menjadi lembaga pra sekolah yang modern, unggul  dan terdepan.
  3. Menanamkan sifat sabar, tawakkal, dan kasih sayang.

Strategi Program

  1. Pembiasaan berakhlaq dan berprilaku yang islami.
  2. Dalam mengajar menerapkan sistem kbk (kurikulum berbasis kompetensi).
  3. Mempertahankan dan meningkatkan alumni-alumni (out put) yang  berprestasi.
  4. Mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat menarik calon siswa.
  5. Mengadakan pemetaan bakat sejak dini.

Program Aksi

Program aksi disusun agar TK Al-Mizan menjadi Lembaga pendidikan yang maju dan profesional. Program aksi ini mencakup 3 (tiga) aspek prioritas, yakni : 1) strategi peningkatan mutu/kualitas, 2) peningkatan layanan atau service pendidikan dan 3) Manajemen. Ketiga aspek tersebut meliputi :

1) Aspek Strategi Peningkatan Mutu/Kualitas  

  1. Seleksi ketat bagi calon guru dan hanya mereka yang mempunyai pendidikan berkualitas yang dapat diterima.
  2. Membuat SKH setiap hari
  3. memberikan pelajaran secara terprogram
  4. menanamkan kedisiplinan dan ketertiban kepada anak setiap hari.
  5. mengadakan pelatihan (training) bagi guru-guru TK sebagai upaya untuk peningkatan SDM.
  6. mengadakan seminar tentang ke-TK-an.
  7. mengadakan studi banding (study tour) ke TK Unggulan dan pembibitan anak unggulan (super kid camp)

2) Aspek peningkatan layanan atau service pendidikan 

  1. Selalu berprinsif hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin.
  2. Memberikan pendidikan dan pengajaran yang maksimal kepada anak.
  3. Menjalin hubungan baik dengan guru, orang tua, yayasan, alumni, instansi pemerintah, dan masyarakat.
  4. Penertiban terhadap para pengantar, parkir, dan para pedagang.
  5. Mengadakan home visit (kunjungan rumah) ke rumah-rumah orang tua siswa.
  6. Memberikan ‘hadiah’/ganjaran kepada anak berprestasi.
  7. Mengadakan reuni Alimni TK Al-Mizan setiap menjelang Tahun Pelajaran Baru.
  8. Menambah alat praga dan tempat bermain anak
  9. Membuat slogan-slogan dan gambar-gambar yang sesuai.
  10. mengadakan lomba mewarnai tingkat TK se Kab. Majalengka/Jatiwangi.
  11. membuat brosur dan profile TK Al-Mizan

3) Aspek Manajemen 

  1. Meningkatkan pengelolaan administrasi  yang baik dan professional.
  2. Membuat buku Induk siswa dan alumni lengkap dengan foto dan profile singkat
  3. Membuat plang sebagai identitas TK Al-Mizan  baik di dalam (kantor) maupun di luar (gerbang).
  4. Membuat papan data keadaan guru dan siswa/i TK dari tahun ke tahun.
  5. Membuat laporan perkembangan (progress report) kepada Yayasan dan lembaga-lembaga terkait.