Logo

Logo

Logo Al-Mizan yang diciptakan KH Maman Imanulhaq, kemudian disempurnakan KH. Mas Zaenal Muhyiddin, terdiri dari beberapa bagian yang mempunyai nilai filosofis yang tinggi. Dari tiap bagiannya ada nilai yang dapat menggugah kesadaran bersama tentang pentingnya perubahan struktur sosial ke arah kehidupan yang lebih adil, sadar untuk mengorganisasi diri, menyuarakan, dan berpartisipasi dalam proses pengambilan kebijakan publik.

Logo Al-Mizan terdiri dari beberapa bagian yang mempunyai nilai filosofis yang tinggi:

1. Tampar atau tali yang mengelilingi bumi yang berjumlah 99, adalah lambang ukhuwah (persaudaraan) di jalan Allah (QS. Al-Imran:103).

2. Lingkaran bumi mengingatkan para salik bahwa ajaran islam yang baik adalah yang membumi (innamaa bu’itstu lii utammima makaarima al-akhlaq) dan bermanfaat bagi penghuni bumi bumi (khairu an-nas anfa’uhum li an-nas). Ini juga mengingatkan para salik bahwa kita berasal dari tanah akan kembali ke tanah (QS. Thaha:55).

3. Bintang sembilan melambangkan walisanga sebagai uswah dalam geneologis keilmuan, spiritual dan guru yang mengajarkan Islam ahlussunah waljamaah dan akhlak al-karimah.

4. Simbol masjid, pen, api, dayung dan perahu yang membentuk kalimat al-mizan adalah ajakan untuk menjadikan para salik sebagai orang yang hatinya dekat dengan masjid (qulubuhum mu’allaqoh bi al-masajid), mempunyai kemauan untuk membaca, menulis dan mengajarkan Islam (QS.Al-Alaq:1-5), jiwanya selalu punya semangat yang tinggi dan tidak mudah putus asa serta terus menatap masa depan dengan keyakinan kuat.

5. Air melambangkan semangat yang tinggi dalam mengarungi kehidupan: dari niat yang tinggi (ikhlas)menuju samudera keridhoan Ilahi.